Selasa, 31 Maret 2015

Mind Maping

Pertemuan ketujuh, 31 Maret 2015.

Mind Maping

Secara sederhana, Mind Map adalah cara mencatat atau menempatkan informasi ke dalam otak secara kreatif dan efektif. Hal ini erat kaitannya dengan kreativitas dan ingatan. Mind maping atau “memetakan pikiran” pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog dari Inggris untuk bidang pendidikan.

Mind Maping
            Pada umumnya, manusia lebih mudah mengingat informasi apabila informasi tersebut disampaikan dalam bentuk visual. Dalam Mind Mapping, informasi yang ingin diingat, digambarkan dalam rupa peta didalam pikiran. Semakin kreatif, detil dan terorganisir peta yang dibuat, semakin mudah mengingat informasi yang dipetakan.

            Dengan berlatih dan menerapkan Mind Mapping, tentu saja ada beragam manfaat yang bisa kita rasakan secara langsung. Manfaat tersebut antara lain adalah:
1.    Kita menjadi lebih kreatif dalam merencanakan kegiatan yang akan dilakukan dan lebih kreatif dalam berkomunikasi. Contohnya: ketika melakukan presentasi, biasanya kita mengucapkan kalimat-kalimat yang sudah kita afal sebelumnya dan tindakan tersebut biasanya membuat kita berbicara seperti robot, dengan nada yang sama dan tanpa ekspresi, suasana presentasipun jadi membosankan. Namun apabila kita melakukan mind mapping, dimana kita hanya mengingat point-point atau kata-kata kunci nya saja, maka kita akan lebih kreatif dalam menyampaikan informasi, lebih ekspresif dan tidak lagi seperti robot.
2.    Menghemat waktu. Dengan melakukan Mind Mapping, waktu yang kita butuhkan untuk merencanakan dan melakukan sesuatu akan lebih singkat, begitu pula dalam mengingat informasi penting.
3.    Menyelesaikan masalah. Kita dapat menyelesaikan masalah dengan lebih baik dengan memetakan atau solusi-solusi dalam pikiran.
4.    Menyusun dan menjelaskan pikiran. Kita dapat lebih mudah membuat orang lain mengerti akan pikiran atau gagasan kita apabila sebelumnya kita melakukan mind maping.  
Secara garis besar, hasil yang kita dapatkan dari memetakan pikiran adalah kita dapat mengingat lebih baik, belajar dengan lebih cepat dan efisien, dan melihat gambar atau pikiran secara keseluruhan.

Terdapat tujuh langkah membuat Mind Map:
1.    Mulai dari bagian kertas yang mendatar.
2.    Menggunakan gambar atau foto untuk ide pusat.
3.    Gunakan warna untuk menggambarkan pikiran pada kertas
4.    Buat cabang-cabang ide dan hubungkan ke ide pusat.
5.    Dalam menghubungkan subide, gunakan garis yang melengkung.
6.    Gunakan satu kata kunci dalam setiap garis lengkung yang sudah dibuat.
7.    Jangan membuat kalimat, gunakan kata kunci dan disertai dengan gambar.

Sebelum berlatih Mind Mapping, kita harus mengenali otak untuk dapat membuka potensi diri. Kita tidak perlu menggolongkan diri sebagai otak kanan atau otak kiri, melainkan kita harus melakukan sinergi otak, menggabungkan potensi otak kanan dengan potensi otak kiri. Dan dalam melakukan Mind Mapping, kita perlu melakukan pengulangan, tidak hanya dilakukan satu kali saja.

Mind Mapping juga merupakan salah satu resep untuk meraih kesuksesan. Pertama kali, Kita perlu menghilangkan pemikiran-pemikiran negatif, menerapkan prinsip trial and error (kegagalan dijadikan pembelajaran dan bukan menjadi rasa takut yang menghambat kita untuk maju). Kemudian menerapkan TEFCAS ( Trial ; kita tidak takut untuk mencoba, Event; melaksanakan apa yang kita rencanakan, Feedback; respon orang lain akan tindakan yang telah kita lakukan, Check; memeriksa respon-respon tersebut dengan tindakan kita dan mengevaluasinya, Adjust; memperbaiki kekurangan atau kesalahan dari tindakan kita, Success; bila semuanya sudah dilakukan, maka kita akan menraih kesuksesan)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam melakukan Mind Mapping, kita perlu melakukan pengulangan. Dalam melakukan pengulangan, kita perlu menerapkan prinsip ketekunan karena semakin sering kita melakukan Mind Mapping, semakin berkualitas Mind Mapping yang dihasilkan.

Sumber gambar:
http://www.art-is-fun.com/image-files/mind-map-1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar